Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003)

Ikhwan Kajian yang selalu mendapat keberkahan. Informasi atau opini terkadang membuat kita berdetak kagum dan bangga dengan info tersebut. Dan tidak sadar pula kita kadang selalu terpengaruh akan kata dan bujuk rayuannya.Namuan dengan adanya Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003) kita bisa mencari celah kebenaranya tanpa adanya sifat menyalahkannya. Namun hanya mencari letak dasar kebenaranya itu sendiri.

Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003) mengajak kita untuk berfikir untuk menambah khasanah keilmuan kita.Dengan adanya kajian tentangnya kita mengerti yang benar dan yang salah.Jadikan memontum ini untuk menguatjan kita.Dan pastikan pula kita selalu mawas diri dalam menghadapi setiap problematik kehidupan kita.Dan selu berhati hati dalam menyikapi segala sesuatunya.


Benangmerahdasi.com
-
Kajian Nahwu.

Kitab: Jurmiyyah
No    : 003
Oleh : Fathur El Rozy

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalamu'alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh

Sambungan dari bab I'rob pada hari kamis yang lalu mbah Yai Mushonnif As-Shonhaji melanjutkan dengan penjelasan bab I'rob Nashob..

ﻭﻟﻠﻨﺼﺐ ﺧﻤﺲ ﻋﻼﻣﺎﺕ : ﺍﻟﻔﺘﺤﺔ ﻭﺍﻷﻟﻒ ﻭﺍﻟﻜﺴﺮﺓ ﻭﺍﻟﻴﺎﺀ ﻭﺣﺬﻑ ﺍﻟﻨﻮﻥ

Dan pada I'rob Nashob itu memiliki lima tanda:
1. Fathah
2. Huruf alif
3. kasroh
4. Huruf Ya'
5. dan hadzfunnuun (terbuangnya nun)..

ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻔﺘﺤﺔ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻋﻼﻣﺔ ﻟﻠﻨﺼﺐ ﻓﻲ ﺛﻼﺛﺔ ﻣﻮﺍﺿﻊ : ﻓﻲ ﺍﻻﺳﻢ ﺍﻟﻤﻔﺮﺩ ﻭﺟﻤﻊ ﺍﻟﺘﻜﺴﻴﺮ ﻭﺍﻟﻔﻌﻞ ﺍﻟﻤﻀﺎﺭﻉ ﺇﺫﺍ ﺩﺧﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﺎﺻﺐ ﻭﻟﻢ ﻳﺘﺼﻞ ﺑﺂﺧﺮﻩ ﺷﻲﺀ

Fathah itu menjadi tanda bagi I'rob nashob ada pada tiga tempat:

1. Pada Isim Mufrod (Contoh: roaytu zaydan)
2. Jama' taksir (Contoh: roaytur rijaal)
3. Fi'il Mudhori yang apabila masuk atasnya amil yang menashobkan dan tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatupun..
ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻷﻟﻒ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻋﻼﻣﺔ ﻟﻠﻨﺼﺐ ﻓﻲ ﺍﻷﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﺨﻤﺴﺔ ﻧﺤﻮ : ﺭﺃﻳﺖ ﺃﺑﺎﻙ ﻭﺃﺧﺎﻙ ﻭﻣﺎ ﺃﺷﺒﻪ ﺫﻟﻚ

Dan huruf Alif itu menjadi tanda bagi nashob pada isim-isim yang lima contohnya yaitu:

ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺃَﺑَﺎﻙَ ﻭَﺃَﺧَﺎﻙ 

(Aku melihat bapakmu dan saudaramu)
dan apa-apa yang menyerupai contoh ini:

ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻜﺴﺮﺓ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻋﻼﻣﺔ ﻟﻠﻨﺼﺐ ﻓﻲ ﺟﻤﻊ ﺍﻟﻤﺆﻧﺚ ﺍﻟﺴﺎﻟﻢ

Dan pada kasroh itu menjadi tanda bagi nashob pada jama' muannats salim..

ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻴﺎﺀ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻋﻼﻣﺔ ﻟﻠﻨﺼﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺜﻨﻴﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﻊ

Dan pada huruf Ya itu menjadi tanda bagi nashob pada tatsniyah dan jama' (mudzakkar salim)

ﻭﺃﻣﺎ ﺣﺬﻑ ﺍﻟﻨﻮﻥ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻋﻼﻣﺔ ﻟﻠﻨﺼﺐ ﻓﻲ ﺍﻷﻓﻌﺎﻝ ﺍﻟﺨﻤﺴﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺭﻓﻌﻬﺎ ﺑﺜﺒﻮﺕ ﺍﻟﻨﻮﻥ

Dan pada Hadzfunnuun itu (membuang huruf nun), menjadi tanda bagi nashob pada fi'il-fi'il yang lima yang ketika rofa'nya dengan tetapnya nun.. (contoh ada di gambar foto)
 
Bersambung..

Judul :Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003)
Link :Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003)

Artikel terkait yang sama:


Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kajian Nahwu, Kitab Jurmiyyah (No: 003)"

Posting Komentar