Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya)

Ikhwan Kajian yang selalu mendapat keberkahan. Informasi atau opini terkadang membuat kita berdetak kagum dan bangga dengan info tersebut. Dan tidak sadar pula kita kadang selalu terpengaruh akan kata dan bujuk rayuannya.Namuan dengan adanya Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya) kita bisa mencari celah kebenaranya tanpa adanya sifat menyalahkannya. Namun hanya mencari letak dasar kebenaranya itu sendiri.

Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya) mengajak kita untuk berfikir untuk menambah khasanah keilmuan kita.Dengan adanya kajian tentangnya kita mengerti yang benar dan yang salah.Jadikan memontum ini untuk menguatjan kita.Dan pastikan pula kita selalu mawas diri dalam menghadapi setiap problematik kehidupan kita.Dan selu berhati hati dalam menyikapi segala sesuatunya.


BenangmerahDasi -Qoul Ulama

Hallo Benangmerah
WA: 081384451265

Pertanyaan
Mohon uraian tentang sebuah ungkapan "ketika kemaluan laki-laki berdiri, maka hilanglah dua pertiga akalnya?

Jawaban
Imam Muhammad bin Muhammad al Ghazalo, Abu Hamid (Populer Imam al Ghozali) di dalam kitab karyanya yang sepektakuler (Ihya'Ulum al Din) menyatakan dari sahabat 'Ikrimah dan Mujahid dalam mengomentari firman Allah ''Dan manusia diciptakan bersifat lemah" QS al Nisa':28), keduanya menyatakan bahwa sesungguhnya manusia tidak mampu bersabar dari wanita. Fayadl bin Najih berkata "Ketika kemaluan laki-laki berdiri, maka hilanglah dua pertiga akalnya'', Sebagian ulama' berkata "Maka hilang sepertiga agamanya''.

Dijelaskan di dalam kitab ''Nawadir al Tafsir'' dari Ibnu Abbas radliyallahu'anhu, beliau berkata ''Dan diantara jahatnya malam yang gelap gulita yang membentang adalah berdirinya kemaluan''. Ini merupakan sebuah kondisi yang mampu menguasai. Ketika ia bergemuruh, bangkit dan berkobar, maka akal dan agama tidak mampu melawan dan menentangnya. Kondisi ini tertopang oleh sebuah situasi yang layak membangkitkan dua kehidupan sebagaimana uraian terdahulu, dan ini merupakan alat terkuat syetan untuk mengeksploitasi anak Adam.
Baca juga: Penjelasan tentang siksa kubur di liburkan pada hari dan malam jum'at
Inilah yang diisyaratkan oleh Nabi dengan sabdanya ''Sesungguhnya aku tidak pernah melihat sesuatu yang mampu mengurangi akal dan agama yang mampu mengalahkan orang yang berakal dari pada kalian (kaum wanita).''

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Haditsnya Ibnu Umar dan keduanya sepakat bahwa hadits ini dari Abi Sa'id.

Al Ghazali mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah karena bergejolaknya syahwat. Dan untuk mengantisipasi kondisi yang semacam itu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam memohon perlindungan kepada Allah dalam do'anya "Ya Rabb, aku berlindung kepadamu dari buruknya pendengaran, pengelihatan, hati dan keburukan'' Rasullullah juga berdo'a ''Ya Rabb, aku memohon kepadamu agar senantiasa mensucikan hati dan menjaga kemaluanku''.

Setali tiga uang, hal senanda juga di ulas dan diuraikan oleh Imam Abu Thalib al Maki di dalam kitabnya  (Quut al Qulub). Beliau juga menuturkan bahwa ''Ketika laki-laki meningkah, maka ia telah menjaga separuh keimanannya, dan bertakwalah kepada Allah dalam separuh yang lain.'' Wallahu a'lam bis shawab.

Dasa pengambilan:

وعن عكرمة ومجاهد أنهما قالا في معنى قوله تعالى وخلق الإنسان ضعيفا أنه لا يصبر عن النساء وقال فياض بن نجيح إذا قام ذكر الرجل ذهب ثلثا عقله وبعضهم يقول ذهب ثلث دينه وفي نوادر التفسير عن ابن عباس رضي الله عنهما ومن شر غاسق إذا وقب قال قيام الذكر وهذه يلية غالبة إذا هاجت لا يقاومها عقل ولا دين وهي مع أنها صالحة لأن تكون باعثة على الحياتين كما سبق فهي أقوى آلة الشيطان على بني آدم وإليه أشار صلى الله عليه و سلم بقوله ما رأيت من ناقصات عقل ودين أغلب لذوي الألباب منكن // حديث ما رأيت من ناقصات عقل ودين أغلب لذوي الألباب منكن أخرجه مسلم من حديث ابن عمر واتفقا عليه من حديث أبي سعيد ولم يسق مسلم لفظه // وإنما ذلك لهيجان الشهوة وقال صلى الله عليه و سلم في دعائه اللهم إني أعوذ بك من شر سمعي وبصري وقلبي وشر مني // حديث اللهم إني أعوذ بك من شر سمعي وبصري وشر مني تقدم في الدعوات // وقال أسألك أن تطهر قلبي وتحفظ فرجي . إحياء علوم الدين - (ج 2 / ص 28(

Dasar pengambilan: 

وروينا عن فياض بن نجيح إذا قام ذكر الرجل ذهب ثلثا عقله، وبعضهم يقول: ذهب ثلث دينه، وروينا في نوادر التفسير عن ابن عباس ومن شرّ غاسق إذا وقب قال: قيام الذكر وقد أسنده بعض الرواة، إلاّ أنه قال فيه: الذكر إذا دخل ولم يذكر قام، وفي الخبر: إذا تزوج الرجل فقد أحرز نصف دينه، فليتّقِ اللّه في الشطر الآخر، وفي دعاء البراء بن عازب: أعوذ بك من شرّ سمعي وبصري وقلبي ومني. قوت القلوب (2/ 211، بترقيم الشاملة آليا(

Referensi:

1. Ihya' Ulum al Din. ll/28
2. Quut al Qulub.

Judul :Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya)
Link :Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya)

Artikel terkait yang sama:


Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Qoul Ulama' Tentang Ungkapan "Ketika Kemaluan Laki-laki Berdiri, Maka Hilanglah Dua Pertiga Akalnya)"

Posting Komentar