Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini

Ikhwan Kajian yang selalu mendapat keberkahan. Informasi atau opini terkadang membuat kita berdetak kagum dan bangga dengan info tersebut. Dan tidak sadar pula kita kadang selalu terpengaruh akan kata dan bujuk rayuannya.Namuan dengan adanya Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini kita bisa mencari celah kebenaranya tanpa adanya sifat menyalahkannya. Namun hanya mencari letak dasar kebenaranya itu sendiri.

Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini mengajak kita untuk berfikir untuk menambah khasanah keilmuan kita.Dengan adanya kajian tentangnya kita mengerti yang benar dan yang salah.Jadikan memontum ini untuk menguatjan kita.Dan pastikan pula kita selalu mawas diri dalam menghadapi setiap problematik kehidupan kita.Dan selu berhati hati dalam menyikapi segala sesuatunya.

menyambut ramadhan




Beberapa hari lagi, Ramadhan akan datang. Bulan suci yang penuh dengan keutamaan dan berlimpah kebaikan.

Setidaknya ada empat keutamaan bulan Ramadhan sebagai berikut:

1. Pada bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakam pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad)

2. Amal-amal di bulan Ramadhan merupakan penghapus dosa

الصلوات الخمس والجمعة إلى الجمعة ورمضان إلى رمضان مكفرات ما بينهن إذا اجتنب الكبائر

“Shalat lima waktu, antara shalat Jum'at ke Shalat Jum'at dan Ramadhan ke Ramadhan penghapus dosa diantara kesuanya, jika dijauhi dosa-dosa besar” (HR. Muslim)

3. Di dalamnya terdapat lailatul qadar. Sebagaimana kelanjutan hadits di atas:

وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

“di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)” (HR. Ahmad)





4. Puasa Ramadhan yang ikhlas merupakan penghapus dosa yang telah lalu.

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Muttafaq 'Alaih)

Demikian agungnya keutamaan bulan Ramadhan, sama sekali tidak boleh kita sia-siakan. Karenanya kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya menyambut bulan suci ini.

Salah satu hal yang kadang dianggap sepele tetapi penting untuk menyukseskan program-program Ramadhan kita adalah Jadwal Imsakiyah.

Jadwal tersebut kita butuhkan agar bisa mengetahui kapan masuknya waktu sholat, kapan waktu imsyak, dan kapan waktunya berbuka.

Jika kita telah mengetahui waktunya dengan baik, kita bisa lebih optimal mempersiapkan diri sholat di awal waktu. Untuk muslim laki-laki, secara berjamaah di masjid. Kita juga bisa lebih mudah mempersiapkan diri mengakhirkan dahur dan menyegerakan berbuka karena dua hal itu merupakan sunnah puasa. Sehingga kebaikan dan pahala kita semakin banyak.

Untuk detil jadwal imsak bisa dibaca dan didownload di Jadwal Imsakiyah 2018






Judul :Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini
Link :Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini

Artikel terkait yang sama:


Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyambut Ramadhan, Jangan Lupa Siapkan Ini"

Posting Komentar