Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat

Ikhwan Kajian yang selalu mendapat keberkahan. Informasi atau opini terkadang membuat kita berdetak kagum dan bangga dengan info tersebut. Dan tidak sadar pula kita kadang selalu terpengaruh akan kata dan bujuk rayuannya.Namuan dengan adanya Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat kita bisa mencari celah kebenaranya tanpa adanya sifat menyalahkannya. Namun hanya mencari letak dasar kebenaranya itu sendiri.

Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat mengajak kita untuk berfikir untuk menambah khasanah keilmuan kita.Dengan adanya kajian tentangnya kita mengerti yang benar dan yang salah.Jadikan memontum ini untuk menguatjan kita.Dan pastikan pula kita selalu mawas diri dalam menghadapi setiap problematik kehidupan kita.Dan selu berhati hati dalam menyikapi segala sesuatunya.

hukuman untuk orang yang tidak sholat Jumat

Sholat Jumat hukumnya fardhu ‘ain bagi setiap muslim laki-laki yang telah baligh, berakal, merdeka dan tidak sakit. Jika ada yang tanpa udzur meninggalkan sholat Jumat, apalagi tiga kali, hukuman Allah tidak hanya menunggu di akhirat nanti. Bahkan di dunia ini pun hukuman Allah akan menimpa.






Hukuman di dunia seperti apa yang akan menimpa orang yang tidak sholat Jumat tanpa udzur? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan dalam sabdanya:

لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنَ الْغَافِلِينَ

“Hendaklah orang-orang itu menghentikan perbuatan mereka meninggalkan Sholat Jumat, atau kalau tidak, Allah akan menutup mata hati mereka kemudian mereka akan termasuk golongan orang-orang yang lalai” (HR. Muslim, An Nasa’i dan Ahmad)

Bagi orang yang meninggalkan sholat jumat tiga kali, hukuman itu dipertegas lagi:

مَنْ تَرَكَ ثَلاَثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

“Barangsiapa meninggalkan tiga kali Sholat Jumat karena menganggap remeh maka Allah akan menutup mata hatinya” (HR. An Nasa’i, Abu Dawud dan Ahmad)

Inilah hukuman yang mengerikan yang akan ditimpakan kepada orang-orang yang tidak sholat Jumat tanpa udzur; Allah akan menutup mata hati mereka. Jika hati sudah ditutup oleh Allah, maka ia akan sulit menerima nasehat, sulit menerima kebenaran, bahkan sudah tak bisa menerima peringatan.

Baca juga: Niat Sholat Jumat





Tertutupnya hati sebenarnya adalah penyakit akut orang kafir. Jangan sampai kita terjangkiti penyakit akut ini.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ . خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat” (QS. Al Baqarah: 6-7)

Maka apabila kita tak ingin ditutup hati kita oleh Allah, jangan sekali-kali meninggalkan sholat Jumat tanpa udzur.

Adapun orang-orang yang tidak diwajibkan Sholat Jumat adalah: perempuan, anak kecil, orang sakit, musafir, orang yang sedang bersembunyi dari penguasa zalim, dan adanya udzur yang diperbolehkan syara’ misalnya terhalang banjir. [Muchlisin BK/Tarbiyah]

Pembahasan lengkap sholat Jumat mulai dari hukumnya, siapa saja yang wajib mengerjakan, bacaan, tata cara, niat hingga keutamaannya bisa dibaca di artikel: Sholat Jumat






Judul :Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat
Link :Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat

Artikel terkait yang sama:


Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Hukuman Allah di Dunia untuk Orang yang Tidak Sholat Jumat"

Posting Komentar