Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)

Ikhwan Kajian yang selalu mendapat keberkahan. Informasi atau opini terkadang membuat kita berdetak kagum dan bangga dengan info tersebut. Dan tidak sadar pula kita kadang selalu terpengaruh akan kata dan bujuk rayuannya.Namuan dengan adanya Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56) kita bisa mencari celah kebenaranya tanpa adanya sifat menyalahkannya. Namun hanya mencari letak dasar kebenaranya itu sendiri.

Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56) mengajak kita untuk berfikir untuk menambah khasanah keilmuan kita.Dengan adanya kajian tentangnya kita mengerti yang benar dan yang salah.Jadikan memontum ini untuk menguatjan kita.Dan pastikan pula kita selalu mawas diri dalam menghadapi setiap problematik kehidupan kita.Dan selu berhati hati dalam menyikapi segala sesuatunya.


Benangmerahdasi.com -Kajian tafsir.

Bismillaahirahmaanirrohiim.
Allah Ta'ala berfirman:

ﻭَﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖُ ﺍﻟْﺠِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﺈِﻧْﺲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﻥِ

''Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku." (Surah Adz Dzariyat: 56)

Asbabun Nuzul ayat:
Ketika para malaikat mengetahui bahwa Allah SWT akan menciptakan khalifah di muka bumi (Nabi Adam a.s). Allah SWT menyampaikan perintah-Nya kepada mereka secara terperinci. Allah memberitahukan bahwa Dia akan menciptakan manusia dari tanah. Maka ketika Dia menyempurnakannya dan meniupkan roh di dalamnya para malaikat harus bersujud kepadanya, Yang harus di fahami bahwa sujud tersebut adalah sujud penghormatan, bukan sujud ibadah, karena sujud ibadah hanya diperuntukkan kepada Allah SWT.


Tafsir Jalalain halaman. 193:

{ ﻭﻣﺎ ﺧﻠﻘﺖ ﺍﻟﺠﻦ ﻭﺍﻹﻧﺲ ﺇﻻ ﻟﻴﻌﺒﺪﻭﻥ { ﻭﻻ ﻳﻨﺎﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻋﺪﻡ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻳﻦ، ﻷﻥ ﺍﻟﻐﺎﻳﺔ ﻻ ﻳﻠﺰﻡ ﻭﺟﻮﺩﻫﺎ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻚ : ﺑﺮﻳﺖ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﻠﻢ ﻷﻛﺘﺐ ﺑﻪ، ﻓﺈﻧﻚ ﻗﺪ ﻻ ﺗﻜﺘﺐ ﺑﻪ...


Artinya:
Pengertian dalam ayat ini sama sekali tidak bertentangan dengan kenyataan, bahwa orang-orang kafir tidak menyembah-Nya. Karena sesungguhnya tujuan dari ayat ini tidaklah memastikan keberadaannya. Perihalnya sama saja dengan pengertian yang terdapat di dalam.  perkataanmu, ''Aku runcingkan pena ini supaya aku dapat menulis dengannya". Dan kenyataan terkadang kamu tidak mengunakannya..
Baca juga: Tafsir surat Al -Baqarah ayat 44
Kesimpulannya
Kita sebagai manusia ciptaan Allah, maka seharusnya kita beriman kepada Allah dan patuh atas segala perintah-Nya, kita hendaknya taat  dan tunduk terhadap perintah Allah. Bukan berarti Allah butuh pada kita. Justru kita yang butuh Allah, justru kita yang melakukan ibadah kepada-Nya. Jika kita membuat murka kepada Allah, maka Allah akan memberi adzab yang pedih kepada kita dan tidak ada seorangpun yang mampu menolak adzab tersebut, dan juga tidak ada seorangpun yang dapat menolong kita untuk menghidari adzhab tersebut..

Wallahu Ta'ala A'lam.

Jember 27-08-2017

Judul :Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)
Link :Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)

Artikel terkait yang sama:


Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)"

Posting Komentar